Graphology

Graphology berasal dari kata graphos dan logos.

Graphos adalah bentuk-bentuk coretan tangan, goresan tangan, guratan tangan, dapat berupa tulisan, gambar, bentuk-bentuk beraturan dan tidak beraturan. Sedangkan logos adalah ilmu atau konsep-konsep pemahaman.

Jadi, Graphology adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji bentuk-bentuk coretan tangan atau hasil tulisan tangan seseorang, kemudian menginterpretasikannya sesuai dengan kriteria-kriteria yang terdapat didalam pribadi penulisnya.

Graphology dapat menganalisa kepribadian seseorang tanpa orang tersebut sadar dan merasa bahwa dirinya akan atau sedang dianalisa. Hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan ketidakakuratan hasil tes yang diakibatkan oleh usaha sadar ataupun tidak sadar dari orang yang akan dianalisa tersebut untuk mendapatkan hasil tes yang diinginkannya.

Graphology tidak akan menjadi kuno karena tidak menggunakan pertanyaan tes yang selalu butuh untuk diperbaharui, atau mendiskriminasi hal yang berhubungan dengan kebudayaan. Graphology juga merupakan alat tes multi bahasa dikarenakan Graphology tidak menganalisa isi tulisan, sehingga penggunaannya menjadi sangat luas di segala macam budaya.

Sekalipun seseorang itu adalah aktor yang sangat handal namun ia tidak dapat mengubah tulisan tangannya untuk mendapatkan kesan yang diinginkan, karena tulisan tangan dihasilkan dari proses pikiran bawah sadar seseorang yang kemudian direfleksikan melalui kontraksi syaraf dan otot pada tangan dan proses ini akan terjadi atau berlangsung secara alami, tidak dapat dimanipulasi atau dibuat-buat berdasarkan keinginan sadar seseorang.

Beberapa contoh informasi yang dapat diketahui dari hasil tulisan tangan seseorang antara lain :

»Prioritas dalam hidup

»Kreativitas, inisiatif, dan imajinasi

»Kejujuran, keramahan, dan ketulusan

»Loyalitas, integritas dan tanggung jawab

»Energi fisik, Motivasi, daya juang, dan ambisi

»Selera humor, fleksibilitas, dan dinamika kinerja

»Kemampuan analitis dan penyelesaian masalah

»Pengontrolan diri, optimisme, dan stabilitas kerja

»Kemampuan menjual suatu produk atau konsep,

»Kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri

»Kestabilan kepribadian, kedewasaan, kemandirian

»Cara yang digunakan untuk mendapatkan sesuatu

»Kemampuan berorganisasi dan bekerja sama dalam tim

»Kemampuan administratif, ketelitian, dan kerapian bekerja

»Perbandingan antara kesesuaian kepribadian dengan posisi

»Kemampuan untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki

»Kemampuan mengatur / manajemen, kepemimpinan, ketegasan

»dll.

Analisis Graphology dapat digunakan dalam banyak bidang, antara lain; bidang pendidikan, bimbingan dan konseling pekerjaan, kepegawaian, manajemen bisnis penanganan kasus di kepolisian, analisis dokumen pertanyaan, dll.

Bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan Graphology atau mempunyai pertanyaan seputar Graphology, bisa bertanya dengan meninggalkan pesan di blog ini. Terima kasih.

33 thoughts on “Graphology

  1. Wah nyo postmu bener2 promotion dan edukatif y nyo. You should post this blog of yours link it to friendster. Some people are dyin to find out theyre own personality.

  2. Nis, kalo mau tambah keren lw bikinnya yang pake testimonial gt. Misalnya, tulisan tangan siapa gt lw scan, lw taro blog terus lw analisis. Mayan banget kan buat tambah promo? hehehe

    Anyway, it’s a very interesting article. I wonder what my handwriting told me about my mind-conditions,…ehehe

  3. Untuk Fiqi, thx bro!
    Dirimu mau ku grafo? boleh2 aja but with the right price hehehe

    Untuk Mahel
    Aduh kalau tulisan tangan seseorang aku scan lalu dimasukin kesini aku harus buat perjanjian dulu kalau misalnya dia memang memperbolehkan aku untuk memasang dan menganalisis tulisan tangannya untuk dikonsumsi publik. So it doesn’t mean I don’t want to but I have to do the procedure….atau mungkin dirimu mau menjadi salah seorang yang menjadi kelinci percobaanku? (wink wink)

    • grafologi bisa melihat kondisi kesehatan seseorang, ilmu tersebut bernama Grafologi Medis yang memang mengkhususkan membaca dan mengetahui kondisi kesehatan seseorang pada saat menulis.

    • terima kasih sudah membaca tulisan saya…untuk program short course tentu saja ada dan sepengetahuan saya di Bandung sendiri sudah cukup banyak pelatihan mengenai Grafologi.

    • Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Untuk kursus grafologi di Bandung sudah cukup banyak. Untuk ukuran harga, waktu dan tempat tergantung institusi yang mengadakan pelatihan tersebut tetapi biasanya mampu disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Anda mempelajari Grafologi atas dasar apa, biasanya institusi bisa menyesuaikannya. Terima kasih.

  4. Salam kenal mbk,,,saya tertarik sekali dengan graphology,,bagaimana cara saya kalau ingin grapho sama anda,,,lewat email kah atau bagaimana,,,mohon penjelasan,,thanks

    • Maksudnya mau saya analisa tulisan tangannya? Bisa saja, bisa minta email Anda? Akan saya berikan petunjuknya melalui email Anda. Thanks.

  5. Saya juga minta penjelasan ttg petunjuk graphologi ini ke email saya.

    Sekalian dijajarin nih jarak jauh, bs kan?

    Trims sebelumnya.

  6. mbak… kalau tempat kursusnya dimana ya??
    trus mau juga dong diajarin lewat email klo bisa…. trimakasih sebelumnya ya…

    • Kantor saya berada di Apartemen Grand Setiabudi Bandung, kalau mau ikut kursus kebetulan bulan ini kami membuka kelas grafo.

      Kalau diajarkan lewat email juga bisa, tetapi dengan harga yang sama🙂

      Terima kasih.

    • Dear Mbak Dewi,
      Kebetulan lokasi kantor kami berada di Bandung dan belum memiliki cabang di Semarang. Untuk biaya yang diperlukan adalah Rp. 4.000.000.- untuk 3-4 hari pelatihan.
      Terima kasih.

  7. mba klo alamat lengkap di bandung dimananya ya mba?
    klo mengikuti pelatihan, apa kita dpt sertifikatnya?
    makasih mba

    • Kebetulan saya hanya menulis pengalaman tentang Grafologi karena saya pernah belajar, kalau sekarang saya kurang tahu mengenai pelatihan resminya.

      Maaf ya🙂 tapi saya akan coba hubungi teman-teman lama saya yang masih berkecimpung di dunia Grafologi.

      Terima kasih.

  8. tulisan & tanda tangan adalah produk hidup dr manusia hidup. dan akan berubah dengan dalam kurun waktu 5 thn – 6 thn menyesuaikan dengan kehidupan seseorang.

    • Memang betul, tetapi “core” atau inti dari sifat seseorang akan sama dan selalu bisa terdeteksi.

      Bahkan jika seseorang mencoba untuk memalsukan tulisan tangannya, “core” sifat dari orang tersebut tetap bisa terbaca.

  9. Mbak klo saya mau belajar tentang graphology bs??

    Dmna yah tempatnya berdomisili di bandung??

    Sekalian saya siapkan utk price nya berapa??

    Harap d balas..
    Terimakasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s