What’s so special about Valentine’s Day…

Baru saja saya selesai membaca sebuah blog yang linknya diberikan oleh pacar saya dan menurut saya blog milik seorang anak SMP di sebuah kota kecil tersebut sangat menggurui dan men-judge tanpa memandang umur dan agama yang membacanya. Blog memang merupakan buah pemikiran dari penulisnya tetapi menurut saya, blog tersebut terlalu dewasa dan menggurui untuk ukuran seorang anak SMP tetapi kembali lagi bukan hak saya untuk menilainya. Blog tersebut membahas mengenai hari Valentine dan pandangan sebuah agama yang dianutnya. Menurutnya, hari Valentine atau kasih sayang merupakan ajaran budaya barat yang tidak sesuai atau menyimpang dari ajaran agama yang dianutnya dan budaya Indonesia. Mengingat semua orang boleh berpendapat tentang hari Valentine tersebut tetapi menurut saya apa yang ia tulis dalam blog tersebut terlihat menggurui dan hanya melihat dari satu sisi saja yaitu sisi agama yang dianutnya.

Pandangannya saya bilang tidak salah, hanya saja ia terlalu mengagung-agungkan agama yang dianutnya tanpa mau melihat atau mencari makna sebenarnya dari hari Valentine tersebut. Menurut cerita yang dulu saya dengar, hari Valentine merupakan hari yang sebenarnya merupakan hari berkabung. Alkisah terdapat seorang raja di sebuah negara mengeluarkan peraturan pernikahan yang hanya boleh diatur oleh sang raja (istilahnya dicomblangkan oleh sang raja) tetapi banyak sekali pasangan muda-mudi yang menentang peraturan tersebut. Pada sebuah gereja, ada seorang pastur bernama Valentine yang bersedia menikahkan mereka secara diam-diam dan menentang peraturan raja. Setelah beberapa lama, aksi pastur ini tidak diketahui oleh raja tetapi sepintar-pintarnya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Sang raja mendengar soal Pastur Valentine yang menikahkan pasangan muda-mudi dan akhirnya menjatuhkan hukuman mati kepada sang pastur.  Hari dimana sang pastur dipancung adalah tanggal 14 Februari, dan pada hari eksekusi pasangan muda-mudi yang telah dinikahkan oleh pastur tersebut berkumpul untuk melihat detik-detik terakhir dari kehidupan sang pastur. Ketika selesai dieksekusi, para pasangan muda-mudi tersebut memberikan bunga mawar dan coklat pada makam sang pastur. Mengapa coklat? Karena menurut cerita, Pastur Valentine menyukai coklat.

Berdasarkan cerita diatas, makna yang dapat diambil adalah cinta tidak dapat dibatasi oleh apapun. Cinta bisa mengalahkan apapun jika kita benar-benar mempercayainya. Hanya saja makna sebenarnya dari hari Valentine dewasa ini telah diselewengkan menjadi hari yang penuh dengan hura-hura dan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Kenapa hanya pada hari Valentine kita harus mengungkapkan kasih sayang? Bukankah kita bisa mengungkapkan kasih sayang pada hari apapun, situasi apapun tanpa batasan yang ada? Apakah hanya pada hari Valentine kita harus dan hanya bisa memberikan coklat atau bunga atau apapun itu kepada orang yang kita sayangi? Bagaimana dengan hari lainnya?

Hari Valentine dirayakan hanya sekedar pengingat bahwa ada orang yang mau memperjuangkan cinta disaat cinta dianggap omong kosong belaka. Makna sebenarnya dari hari Valentine adalah untuk mendapatkan cinta sejati diperlukan pengorbanan baik hal kecil maupun hal besar. Seharusnya hari Valentine bukan dirayakan dengan penuh suka cita atau hura-hura menghamburkan uang tetapi Valentine seharusnya dirayakan dengan penuh perenungan diri, rasa berkabung dan mengenang perjuangan Pastur Valentine. Tetapi untuk melakukan hal itu juga seharusnya tidak hanya dilakukan pada hari Valentine saja, tetapi pada hari lain pun bisa. Sebagai contoh, saya dan pacar saya tidak menganggap hari Valentine menjadi hari spesial yang harus dirayakan berdua, karena kami berpendapat bahwa kasih sayang bisa diungkapkan kapanpun dan dalam bentuk apapun. Setiap hari bisa menjadi hari yang spesial buat kami karena cinta yang kami miliki bukan cinta biasa (meminjam istilah Afgan.)

Jadi saya kembalikan kepada Anda semua, “What’s so special about Valentine’s Day?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s