Grafologi dan Kamu: Apa yang Diungkapkan Tulisan Tanganmu

*Artikel ini telah diterbikan pada Majalah Grey edisi 69 Feb-March 2009 page 90-93*

Selamat datang di dunia Grafologi yang menakjubkan! Grafologi adalah seni membaca karakter tulisan tangan. Tulisan tangan mirip sidik jari-setiap orang memiliki ciri khusus, kalaupun ada dua orang memiliki tulisan tangan yang sama, jika kamu perhatikan, pasti akan terlihat bedanya. Tulisan tangan terbentuk dari rangsangan kecil dari otak sehingga sering sekali para ahli grafologis menyebut tulisan tangan adalah “tulisan otak.” Grafologi merupakan sebuah ilmu yang empirik, karena ilmu ini dibuktikan berdasarkan fenomena dalam satu populasi dan ada kuantifikasi hasil atau ada hasil dari uji statistik yang bisa dipertanggungjawabkan.

SEJARAH GRAFOLOGI

Kegunaan grafologi bisa kita lihat sejak 6000 tahun yang lalu, di masa Cina kuno. Pengetahuan mereka berpindah ke orang Yunani dan Romawi, dan Kaisar Nero menggunakannya untuk menentukan orang yang bisa ia percaya.

Buku pertama yang muncul tentang tulisan tangan ditulis oleh orang Italia, Camillo Baldi pada tahun 1622. Namun, kata ‘grafologi’ sesungguhnya diungkapkan oleh Jean Michon, orang Perancis, pada abad ke-19. Kata tersebut datang dari bahasa Yunani ‘graphí’ yang berarti menulis, dan ‘ology’ yang berarti ilmu. Michon membentuk Graphological Society (Lembaga Grafologi) di Paris, yang berkembang sampai masa Perang Dunia Kedua (1939-1945). Penulis Edgar Allan Poe juga mempelajari tulisan tangan dan mempublikasikan penemuannya, serta menyatakan kata ‘autograph’ untuk menjelaskan pendekatannya.

Grafologi dipelajari di Klinik Psikologi Harvard tahun 1930 oleh Gordon Allport, dan pada tahun 1955 Klara Roman dan George Staemphli mengembangkan faktor-faktor penting untuk menilai karakter dari tulisan tangan. Di banyak universitas Eropa, grafologi adalah bagian dari kurikulum untuk jurusan grafologi.

GRAFOLOGI SAAT INI

Sekarang ini banyak area dalam hidup di mana grafologi dianggap sangat berguna. Menilai tulisan tangan sangatlah membantu dalam banyak bidang saat ini.contohnya dalam bidang pendidikan, kita dapat mengetahui bakat dan minat seseorang, pelaku kekerasan disekolah, dan dapat pula digunakan untuk konseling atau BK.

Grafologi juga digunakan di bidang kriminalitas, forensik, dan konseling. Analisis tulisan tangan sangat penting dalam menentukan apa ada dokumen yang dipalsukan, karena masih tetap bergantung pada fakta bahwa tiap orang menulis dengan cara yang berbeda dan variasi sekecil apapun bisa diketahui.Grafologi juga bisa digunakan para ahli untuk mendiagnosis penyakit mental, dan bisa digunakan oleh polisi untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan mental dari tersangka.

GRAFOLOGI DAN KAMU

Jadi bagaimana kamu bisa menggunakan grafologi dalam kehidupan sehari-hari? Kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan ide yang keren tentang karakter dan kemampuan dirimu, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluargamu. Kalau kamu bisa melihat tulisan tangan seorang cowok atau cewek, ini bisa memberimu petunjuk seperti seberapa bagus dia kalu jadi teman kencan dan apakah kamu berdua akan cocok atau mengalami kendala dalam menjalani hubungan.

Bagi kamu yang menaruh minat dan ingin mempelajari grafologi, perlu diingat bahwa grafologi, seperti seni lainnya, perlu diperlakukan dengan hormat. Sangat tidak adil untuk mengambil contoh tulisan tangan seseorang lalu dibagi-bagikan ke teman-temanmu tanpa diketahui orang tersebut! Juga, jangan menyuruh orang untuk memberi contoh tulisannya tanpa sepengetahuan mereka. Mereka punya hak untuk menjaga privasinya, dan kamu akan punya kesenangan yang lebih banyak lagi dengan tulisan orang yang benar-benar mau ambil bagian dan yang bakal memberi tahu kalau kamu ‘bisa menilai’ apa tidak-dengan begitu kamu belajar lebih banyak lagi. Dalam grafologi juga, seseorang akan semakin ahli sejalan dengan jam terbang (learning by doing).

GRAFOLOGI MENGUNGKAPKAN BAKAT DAN MINAT

Tahu ga sih? Kalau saat ini sedang ramai dibicarakan masalah penjurusan dan pemilihan fakultas bagi siswa SMU. Grafologi ini bisa membantu kamu untuk mengenal lebih jauh bakat dan minat terpendam yang kamu miliki.contohnya pada saat pemilihan jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Banyak sekali orang tua yang memaksakan anaknya untuk memilih jurusan tertentu hanya karena gengsi orang tua sedangkan anaknya sendiri tidak memiliki minat dan bakat di bidang tersebut. Ini mengakibatkan prestasi yang diraih tidak sebaik bila anak tersebut memilih sendiri jurusan yang ia minati dan hal ini menjadi fenomena yang umum terjadi.

Tentu kalian penasaran tentang bagaimana dari sebuah tulisan tangan kita bisa mengetahui bakat dan minat, berikut ini saya berikan contoh analisa bakat dan minat dari seseorang yang telah diuji sebelumnya.

Ini adalah salah satu contoh tulisan tangan

HASIL ANALISA

  • Anak ini memiliki sifat penyayang terhadap sesama, dia bisa sangat loyal terhadap teman dan memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan pertemanan dengan sangat baik jika dia merasakan nyaman dengan orang tersebut. Ditambah lagi ia mampu menjaga rahasia dengan sangat baik.
  • Ia memiliki ambisi yang besar, menghargai apa yang dimilikinya dan ia mampu berpikir dengan cepat sehingga terkesan ceroboh dan terkesan kurang terencana.
  • Ia memiliki bakat bisnis tetapi sayangnya ia memiliki kecenderungan untuk bersikap boros.
  • Anak ini mampu berpikir secara teknis, konkrit dan logis tetapi sayangnya ia memiliki kekurangan dalam hal leadership atau dalam hal kepemimpinan. Ditambah lagi, ia kurang mampu berpikir secara abstrak dan kurang mampu mengatur segala sesuatunya sehingga terkesan berantakan.
  • Ia memiliki sifat sensitif atau peka terhadap perasaan yang bisa berarti positif dan negatif. Positifnya ia bisa melihat peluang untuk mendapatkan empati dari orang lain, sedangkan sisi negatifnya jika ia memiliki suatu masalah sekecil apapun pasti akan dipikirkan dengan sangat mendalam. Terkadang dalam menghadapi sebuah masalah yang kecil, ia bisa membuat masalah tersebut menjadi sebuah masalah yang besar (hiperbola).
  • Jika ia memiliki seseorang yang sangat dihormatinya maka ia akan sangat menuruti kata-kata orang tersebut.
  • Dalam hubungan keluarga, ia memiliki masalah dengan salah satu orang tuanya dan memiliki rasa iri terhadap saudaranya.
  • Dalam hal motivasi diri, ia sebenarnya memiliki energi yang kuat untuk mengikuti segala aktifitasnya tetapi ia membutuhkan dorongan motivasi dari orang lain sehingga tidak mudah patah semangat.
  • Ia memiliki bakat di bidang teknik industri, manajemen dual degree, dalam bidang bisnis atau niaga, dan desain interior karena memiliki tingkat kreatifitas dan imajinasi yang tinggi.

REKOMENDASI

  • Belajar untuk melihat keadaan, mana yang membutuhkan suatu kepekaan tertentu atau tidak.
  • Belajar untuk memotivasi diri secara konstan dengan cara membuat jadwal yang teratur.
  • Mengarahkan kreatifitas dan imajinasi ke arah yang baik atau positif.
  • Belajar untuk lebih teliti lagi dengan cara menelaah kembali apa yang telah dilakukan sebelumnya.
  • Belajar untuk berhemat.
  • Mengurangi kemampuan hiperbola ketika menghadapi sebuah masalah sehingga bisa mendapatkan solusi yang tepat.
  • Belajar merencanakan sesuatu secara detail dan terorganisir.

AKHIR KATA

Bagi kamu yang ingin mengetahui minat dan bakat yang sebenarnya dari dalam diri kamu, atau kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai grafologi silahkan kirimkan tulisan tangan kamu dalam kertas ukuran A4 HVS polos, ditulis dengan menggunakan bolpen berwarna hitam berisikan minimal lima kalimat tentang apapun disertai dengan lima tanda tangan kamu  dan surat pernyataan bahwa kamu bersedia untuk dideskripsikan analisa di majalah Grey dengan sukarela dan tanpa paksaan dari pihak manapun dan menyatakan kesediaan hasil analisa dipublikasikan di majalah Grey dengan tidak menuntut kompensansi apapun kepada majalah  Grey. Kirimkan ke redaksi majalah Grey, Komplek Sumber Sari Indah, Jl. Sumber Hegar IV no. 12-7, Bandung 40222. Dan bagi yang beruntung akan dimuat dalam edisi selanjutnya.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Nisya Adhitia K., S.AB

HP: (022) 76896519 atau 0812-2444-591

E-mail: nisya_adhitia@yahoo.com

3 thoughts on “Grafologi dan Kamu: Apa yang Diungkapkan Tulisan Tanganmu

  1. Halo selamat perkenalan, aku Miro Fakultas Psikologi UP 45 Jogjakarta. saya sangat tertarik dengan tulisan nba Nisya tentang tes grafologi untuk pembagian pelajar pada juruan. Aku mau nanya bagaimana jalannya memberi tes ini bisa mengetahui kemampuan pelajar? terima kasih ia

  2. Salam kenal juga. Thanks udah baca blog saya.

    Untuk mengetahui bagaimana caranya adalah dengan cara mempelajari Grafologi secara intensif. Grafologi bisa dipelajari secara otodidak tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipelajari dengan cara pelatihan secara langsung (face-to-face). Dalam pelatihan ini akan diajarkan bagaimana mengambil sampel tulisan tangan, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana ukuran sebenarnya dalam menganalisa tulisan tangan.

    Ada pertanyaan lebih lanjut, bisa dilayangkan melalui email atau bisa melalui blog ini.

    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s